Ikuti Kami di :            

Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Institut Agama Islam Sunan Giri Ponorogo

Jl. Batoro Katong No. 32 Ponorogo, Telp. (0352) 461037

Kurikulum

March, 30 2019 16:12
Oleh HUMAS INSURI Po

LANDASAN KURIKULUM KKNI 2016

Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) ditetapkan melalui Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. KKNI adalah kerangka penjenjangan kualifikasi kompetensi yang dapat menyandingkan, menyetarakan, dan mengintegrasikan antara bidang pendidikan dan bidang pelatihan kerja serta pengalaman kerja dalam rangka pemberian pengakuan kompetensi kerja sesuai dengan struktur pekerjaan di berbagai sektor.

KKNI 2016 pada Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah INSURI Ponorogo sudah diterapkan semenjak tahun akademik 2016/ 2017. Dalam kurikulum ini, prodi PBA INSURI Ponorogo berusaha mengintegrasikan aspek pendidikan, pelatihan kerja, dan pengalaman kerja guna meyiapkan mahasiswa yang terampil di bidang pengajaran bahasa Arab, penerjemah, dan peneliti Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Mata kuliah yang dirumuskan turut menyertai dalam pembentukan visi dan misi prodi. Aktualisasi kurikulum KKNI 2016 di prodi PBA INSURI Ponorogo ini dilaksanakan secara berkesinambungan dan relatif. Adanya aktualisasi ini diharapakan memberi solusi alternatif terhadap perkembangan kurikulum di Perguruan Tinggi saat ini.

Kemudian, landasan Pengembangan Kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa Arab merujuk pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi yang mengacu pada peraturan-peraturan di bawah ini :

  1. Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
  2. Undang-Undang RI No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi
  3. Peraturan Pemerintah No. 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi
  4. Peraturan Pemerintah No. 73 Tahun 2013 tentang Penerapan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia di Bidang Pendidikan Tinggi (KKNI)
  5. Peraturan Presiden No. 8 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)
  6. Peraturan Kementerian Riset, teknologi, dan Pendidikan tinggi No. 44 tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT)
  7. STATUTA Yayasan Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama Batoro Katong (YAPERTINUKA) Ponorogo tahun 2012

STRUKTUR MATA KULIAH

Kelompok Mata Kuliah SKS Keterangan
Mata Kuliah Dasar/Umum 18 Wajib
Mata Kuliah Institut 16 Wajib
Mata Kuliah Fakultas 18 Wajib
Mata Kuliah Program Studi 107 Wajib
JUMLAH 159 Wajib

SEBARAN MATA KULIAH PRODI PBA INSURI PONOROGO

Semester I

No Kode Mata Kuliah  SKS
1 BA0101 Bahasa Arab I 2
2 BA0102 Al-Istima' 2
3 BA0103 Qawaid al-Imla' 2
4 BA0104 Pengantar Studi Islam 2
5 BA0105 Studi Al-Qur'an 2
6 BA0106 Bahasa Indonesia 3
7 BA0107 Bahasa Inggris 3
8 BA0108 Aswaja I 2
9 BA0101 Tarikh Adab wa Lughah 2
10 BA0110 Pancasila 2
    JUMLAH 22

Semester II

No Kode Mata Kuliah SKS
1 BA0859 Bahasa Arab II 2
2 BA0211 Ilmu Sharf 3
3 BA0212 Ilmu Nahwu I 2
4 BA0213 Linguistik Arab 2
5 BA0214 Sejarah Pendidikan Islam 2
6 BA0215 Tadrib Al-Muhadatsah I 2
7 BA0260 Aswaja II 2
8 BA0816 Filsafat Pendidikan Islam 2
9 BA0217 Studi Hadis 2
10 BA0218 PKn 2
11 BA0268 Fiqih 2
    JUMLAH 23

Semester III

No Kode Mata Kuliah SKS
1 BA0319 Filsafat Bahasa 2
2 BA0320 Psikolinguistik 2
3 BA0321 Teori Pembelajaran Bahasa 2
4 BA0322 Ilmu Pendidikan Islam 2
5 BA0323 Etika Pendidikan Islam 2
6 BA0324 Kaligrafi 2
7 BA0325 Ilmu Ashwat 2
8 BA0861 Ilmu Nahwu II 2
9 BA0862 Tadrib Al-Muhadatsah II 2
10 BA0326 Tafsir Tarbawi 2
11 BA0433 Kesusastraan Arab 2
    JUMLAH 22

Semester IV

No Kode Mata Kuliah SKS
1 BA0427 Semantik Arab 2
2 BA0428 Sosiolinguistik 2
3 BA0429 Metodologi Penelitian 3
4 BA0430 Pengelolaan Kelas 2
5 BA0431 Desain Perencanaan PBA 3
6 BA0432 Ilmu Manthiq 2
7 BA0434 Qira`ah Al-Turats wa Al-Mu`ashirah I 2
8 BA0435 Hadis Tarbawi 2
9 BA0436 Ilmu Balaghah 3
10 BA0542 Pengembangan Kurikulum PBA 3
    JUMLAH 24

Semester V

No Kode Mata Kuliah SKS
1 BA0537 Metodologi Penelitian Bahasa Arab 3
2 BA0358 Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab 3
3 BA0539 Filsafat Ilmu 2
4 BA0540 Studi Materi Bahasa Arab MTs 2
5 BA0541 Studi Materi Bahasa Arab MA 2
6 BA0869 ICT Pembelajaran Bahasa Arab 2
7 BA0543 Media dan Teknologi PBA 2
8 BA0544 Tarjamah I 2
9 BA0863 Qira`ah Al-Turats wa Al-Mu`ashirah II 2
    JUMLAH 20

Semester VI

No Kode Mata Kuliah SKS
1 BA0645 Statistik 3
2 BA0646 PPL I 2
3 BA0647 Evaluasi PBA 3
4 BA0864 Tarjamah II 2
5 BA0648 Bahtsu Al-Kutub I 2
6 BA0649 Bahasa Arab `Amiyyah 2
7 BA0650 Al-Kitabah I 2
8 BA0651 Pragmatik 2
9 BA0652 Stilistika Arab 2
10 BA0870 Bimbingan dan Konseling 2
    JUMLAH 22

Semester VII

No Kode Mata Kuliah SKS
1 BA0865 PPL II 4
2 BA0753 KPM 6
3 BA0866 Bahtsu Al-Kutub II 2
4 BA0754 Anakon dan Anakes 2
5 BA0867 Al-Kitabah II 2
6 BA0755 TOEFL 2
7 BA0756 TOAFL 2
8 BA0757 Seminar Proposal Skripsi 0
    JUMLAH 20

Semester VIII

No Kode Mata Kuliah SKS
1 BA0858 Skripsi 6
    JUMLAH 6

PENUTUP

Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) ditetapkan melalui Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. KKNI adalah kerangka penjenjangan kualifikasi kompetensi yang dapat menyandingkan, menyetarakan, dan mengintegrasikan antara bidang pendidikan dan bidang pelatihan kerja serta pengalaman kerja dalam rangka pemberian pengakuan kompetensi kerja sesuai dengan struktur pekerjaan di berbagai sektor.

KKNI 2016 pada Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah INSURI Ponorogo diterapkan semenjak tahun akademik 2016/ 2017. Dalam kurikulum ini, prodi PBA INSURI Ponorogo berusaha mengintegrasikan aspek pendidikan, pelatihan kerja, dan pengalaman kerja guna meyiapkan mahasiswa yang terampil di bidang pengajaran bahasa Arab, penerjemah, dan peneliti Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Mata kuliah yang dirumuskan turut menyertai dalam pembentukan visi dan misi prodi. Aktualisasi kurikulum KKNI 2016 di prodi PBA INSURI Ponorogo ini dilaksanakan secara berkesinambungan dan relatif. Adanya aktualisasi KKNI 2016 diharapakan memberi solusi alternatif terhadap perkembangan kurikulum di Perguruan Tinggi saat ini.