Kurikulum
Kurikulum pendidikan tinggi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi, bahan kajian, maupun bahan pelajaran serta cara penyamPIAUDannya, dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran di perguruan tinggi.
Kurikulum seharusnya memuat standar kompetensi lulusan yang terstruktur dalam kompetensi utama, pendukung dan lainnya yang mendukung tercaPIAUDnya tujuan, terlaksananya misi, dan terwujudnya visi program studi. Kurikulum memuat mata kuliah/modul/blok yang mendukung pencaPIAUDan kompetensi lulusan dan memberikan keleluasaan pada mahasiswa untuk memperluas wawasan dan memperdalam keahlian sesuai dengan minatnya, serta dilengkapi dengan deskripsi mata kuliah/modul/blok, silabus, rencana pembelajaran dan evaluasi.
Kurikulum harus dirancang berdasarkan relevansinya dengan tujuan, cakupan dan kedalaman materi, pengorganisasian yang mendorong terbentuknya hard skills dan keterampilan kepribadian dan perilaku (soft skills) yang dapat diterapkan dalam berbagai situasi dan kondisi.
Kompetensi Lulusan
- Mampu mengembangkan konsep dan produk permainan edukatif Islami
- Mampu menguasai konsep desain pembelajaran PAUD secara profesional berupa PROTA, PROMES, RPPM, dan RPPH.
- Mampu menerapakan teori-teori pembelajaran AUD untuk keperluan micro teaching.
- Mampu menerapkan konsep belajar sambil bermain yang efektif dan efisien.
- Memahami pengembangan strategi pembelajaran PAUD
- Mampu mengelola pembelajaran AUD secara profesional di kelas maupun di luar kelas.
Kompetensi Pendukung Lulusan
- Memiliki keterampilan membuat dan mengembangkan media pembelajaran PAUD
- Memiliki keterampilan praktis berbahasa Inggris
- Memiliki keterampilan praktis berbahasa Arab
- Memiliki keterampilan praktis berbahasa daerah
- Memiliki keterampilan menggunakan ICT dalam pembelajaran
- Memiliki keterampilan Baca Tulis Quran (BTQ)
Kompetensi Lainnya
- Mampu menampilkan hapalan juz ‘amma.
- Mampu menciptakan tari untuk AUD.
- Mampu menciptakan permainan untuk AUD
- Mampu menciptakan nyanyian untuk AUD
- Mampu membawakan cerita untuk AUD
- Mampu mengembangkan intrepreneur
Struktur Kurikulum
Jumlah SKS PS (minimum untuk kelulusan)
Jenis Mata Kuliah | SKS | Keterangan |
Mata Kuliah Wajib | 146 SKS | |
Mata Kuliah Pilihan | 10 SKS | Yang disediakan 20 sks dan wajib dipilih 10 sks |
Jumlah Total | 156 SKS |
SEBARAN MATA KULIAH PRODI PBA INSURI PONOROGO
Semester I
No | Kode | Mata Kuliah | SKS |
1 |
PIAUD 010101 |
Pancasila/ Filsafat Pancasila* |
2 |
2 |
PIAUD 010102 |
Bahasa Indonesia (TPKI) |
2 |
3 |
PIAUD 010109 |
Pengantar Studi Islam* |
2 |
4 |
PIAUD 010110 |
Pengantar Filsafat |
2 |
5 |
PIAUD 010111 |
Aswaja |
2 |
6 |
PIAUD 010115 |
Studi Al-Qur'an* |
2 |
7 |
PIAUD 010128 |
Psikologi Umum |
2 |
8 |
PIAUD 010125 |
Psikologi Pendidikan |
2 |
9 |
PIAUD 010144 |
Sejarah Pendidikan Islam (SPI) |
2 |
10 |
PIAUD 010161 |
ICT Pembelajaran |
2 |
Semester II
No | Kode | Mata Kuliah | SKS |
1 |
PIAUD 010103 |
Bahasa Arab* |
2 |
2 |
PIAUD 010105 |
Bahasa Inggris* |
2 |
3 |
PIAUD 010113 |
Al-Qur'an |
2 |
4 |
PIAUD 010116 |
Studi Hadist* |
2 |
5 |
PIAUD 010121 |
Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak* |
3 |
6 |
PIAUD 010146 |
Bimbingan dan Konseling AUD |
2 |
7 |
PIAUD 010156 |
Profil dan Etika Pendidik |
2 |
8 |
PIAUD 010169 |
PKn |
2 |
9 |
PIAUD 010170 |
Media Pembelajaran AUD |
3 |
10 |
PIAUD 010171 |
Pengembangan Seni AUD |
3 |
Semester III
No | Kode | Mata Kuliah | SKS |
1 |
PIAUD 010119 |
Psikologi Perkembangan AUD* |
3 |
2 |
PIAUD 010124 |
Ilmu Pendidikan |
3 |
3 |
PIAUD 010133 |
Pengembangan Sosial Emosional |
3 |
4 |
PIAUD 010135 |
Matematikadan Sains AUD |
2 |
5 |
PIAUD 010136 |
Pembelajaran Seni Rupa |
3 |
6 |
PIAUD 010137 |
Pembelajaran Al-Quran AUD |
3 |
7 |
PIAUD 010147 |
Gizi dan Kesehatan Anak |
2 |
8 |
PIAUD 010155 |
Administrasi Pendidikan |
3 |
9 |
PIAUD 010172 |
Psikologi Belajar AUD |
2 |
Semester IV
No | Kode | Mata Kuliah | SKS |
1 |
PIAUD 010129 |
Strategi Pembelajaran AUD |
2 |
2 |
PIAUD 010131 |
Pengembangan Fisik Motorik |
3 |
3 |
PIAUD 010138 |
Seni Musik |
3 |
4 |
PIAUD 010141 |
Pengembangan Berbahasa AUD |
3 |
5 |
PIAUD 010148 |
APE 1 |
3 |
6 |
PIAUD 010150 |
Metodologi Penelitian Pendidikan AUD |
3 |
7 |
PIAUD 010158 |
Pengembangan Kurikulum PAUD* |
3 |
8 |
PIAUD 010173 |
Pembelajaran Bercerita |
3 |
Semester V
No | Kode | Mata Kuliah | SKS |
1 |
PIAUD 010132 |
Pengembangan Kognitif |
3 |
2 |
PIAUD 010134 |
Pengembangan Nilai Agama dan Moral |
3 |
3 |
PIAUD 010139 |
Pengembangan Sen Tari |
3 |
4 |
PIAUD 010143 |
Evaluasi Pembelajaran PAUD* |
3 |
5 |
PIAUD 010145 |
Perencanaan Kurikulum PAUD* |
3 |
6 |
PIAUD 010159 |
Statistik Pendidikan |
3 |
7 |
PIAUD 010160 |
Manajemen PAUD |
2 |
8 |
PIAUD 010174 |
Parenting Skill |
2 |
Semester VI
No | Kode | Mata Kuliah | SKS |
1 |
PIAUD 010151 |
PPL 1* |
4 |
2 |
PIAUD 010165 |
Bahasa Jawa AUD |
2 |
3 |
PIAUD 010166 |
Jarimatika dan Sempoa** |
3 |
4 |
PIAUD 010168 |
Pembelajaran Enterpreneurship |
2 |
5 |
PIAUD 010175 |
APE 2 |
3 |
6 |
PIAUD 010176 |
PAUD Inklusif |
3 |
7 |
PIAUD 010177 |
Bahasa Arab untuk Anak |
3 |
8 |
PIAUD 010178 |
Bahasa Inggris untuk Anak |
3 |
Semester VII
No | Kode | Mata Kuliah | SKS |
1 |
PIAUD 010152 |
PPL 2 |
5 |
2 |
PIAUD 010153 |
KPPM |
6 |
3 |
PIAUD 010164 |
Toefl |
2 |
4 |
PIAUD 010167 |
Seminar Proposal |
0 |
5 |
PIAUD 010179 |
Toafl |
2 |
Semester VIII
No | Kode | Mata Kuliah | SKS |
1 |
PIAUD 010154 |
Skripsi |
8 |